Minggu, 25 Juli 2021

Tips Merawat Gitar Elektrik

Menjaga gitar Anda agar berfungsi dengan baik membutuhkan perawatan rutin. Sayangnya, hal ini sering diabaikan. Dengan merawat gitar Anda dengan benar, Anda akan mendapatkan yang terbaik dari instrumen. Selain itu, Anda juga akan menghemat waktu dan uang dalam jangka panjang.

Berikut tips perawatan gitar elektrik yang telah kami rangkum untuk Anda :

Tips Merawat Gitar Elektrik

Penyimpanan

Ini ada hubungannya dengan tempat Anda menyimpan gitar. Pastikan gitar disimpan di tempat yang aman, di mana tidak ada yang akan jatuh di atasnya, dan di tempat yang suhu dan kelembabannya tidak akan merusaknya.

Casing

Lindungi Gitar Yamaha Anda dengan casing gitar berkualitas. Solusi ideal adalah menggunakan hard case, tetapi cukup mahal. Selain mahal, jika menggunakan hard case, gitar tidak bisa digendong di punggung.

Hal inilah yang membuat kebanyakan gitaris tidak menyukai hardcase. Namun, Anda juga bisa menggunakan casing gitar yang empuk, lembut, tebal, dan tahan lama. Untuk merk bisa pilih merk apa saja asalkan memiliki kualitas yan bagus dan bisa menjaga gitar. Ini bertujuan agr gitar yang anda miliki bisa terhindar dari kotoran dan jamur yang akan menempel.

Transportasi

Sering kali gitar rusak saat dalam perjalanan. Jadi berhati-hatilah dengan bagaimana kamu mengangkut gitar, apalagi saat menggunakan transportasi umum seperti perjalanan dengan menggunakan kereta atau pesawat.

Bahkan saat menggunakan pesawat, ada orang yang rela merogoh kocek untuk membeli bangku buat instrumennya. Bagi kebanyakan orang, cara ini tentunya kurang ideal. Yang terpenting di sini adalah, lakukan apa yang harus kamu lakukan untuk menghindari kerusakan alat ketika berpergian.

Periksa pengaturan gitar secara berkala

Gitar yang baru dibeli mungkin belum disetel secara profesional. Jika belum, kamu bisa meminta pihak toko untuk menyetelnya. Gitar perlu disetel dan dicek secara berkala sesuai kebutuhan.

Mengganti senar lama dengan yang baru

Seberapa sering kita perlu melakukannya memang masih menjadi perdebatan. Bagi sebagian musisi, mungkin setiap 6 – 8 minggu sekali, yang lain mungkin hanya memasang senar baru ketika akan manggung. Bagi banyak orang, mengganti senar malah lebih jarang dilakukan.

Selain penting dalam menyegarkan dan merevitalisasi suara gitar, mengganti senar memungkinkanmu untuk membersihkan dan memoles bagian-bagian yang sulit dijangkau saat senar dalam keadaan terpasang. Agar awet, selalu usap senar gitar dengan kain kering setiap kali Anda selesai memainkannya.

Tidak lembab

Jauhkan gitar dari kelembaban. Tidak hanya gitar, kelembaban umumnya dapat menimbulkan jamur pada barang elektronik. Oleh karena itu, jangan simpan gitar listrik di ruangan yang lembab.

Bersihkan pickup

Jangan lupa bersihkan pickupnya! Debu dan sahabatnya dapat dengan cepat menumpuk dan menyebabkan noise pada suara gitar. Gunakan kain kering untuk membersihkannya.

Hati-hati saat membersihkannya

Jangan asal menyemprotkan produk pembersih langsung ke gitar. Kami sarankan semprotkan ke kain terlebih dahulu dan mencobanya di area kecil di bagian belakang atau di bawah gitar sebelum menggunakannya untuk keseluruhan bodi gitar. Jangan berlebihan, mulai dari yang kecil, dan lakukan dengan hati-hati.

Tool box

Tidak memiliki produk perawatan yang lengkap dapat menurunkan semangatmu untuk merawat gitar. Oleh karena itu, sangat disarankan memiliki tool box khusus gitar, dan kemudian mengisinya dengan semua yang diperlukan yang akan terakumulasi dari waktu ke waktu, sehingga apa pun yang perlu dilakukan, kamu siap melakukannya dengan mudah.